Kamis, 01 Agustus 2013

Membuat Online Shop


Sekarang ini, orang lebih suka menjual barang dengan Online karena bisa dikenal oleh seluruh masyarakat Indonesia bahkan mancanegara. Selain itu, kita juga tidak usah repot-repot mengeluarkan biaya untuk membangun toko. Nah, bagi yang ingin membuka Online Shop sendiri, simak yuk!
Hal pertama yang harus diperhatikan dalam membangun Online Shop adalah jenis barang yang dijual. Jika kita menjual barang bekas lebih baik jual di tokobagus.com. Cukup mudah! Kalian daftar saja, dan akan diberi panduannya oleh tokobagus sendiri. Gratis! Dan bagi yang ingin menjual barang-barang baru dan banyak bikin Olshop sendiri deh! Dijual di tokobagus.com juga ngga papa :)

Kedua, tentukan dimana kalian akan menjual barang-barang kalian. Bisa di social media, blog, web, dll. Saran saya, di social media saja, seperti Facebook, Twitter, Instagram, dll. Di setiap social media tersebut ada kekurangan dan kelebihannya, misal Facebook mudah untuk menampilkan produk tetapi agak susah dalam pemasaran bagi yang malas memasarkan :v Twitter mudah untuk dipasarkan namun rempong bagi customer yang sedang memilih barang. Kalo Instagram, mudah untuk menampilkan produk namun susah untuk dipasarkan. Karena sedikit masyarakat Indonesia yang mempunyai Instagram, dan masih banyak social media lainnya. Tetapi jika kalian ingin membuat akun disemua social media, sekalian blog/web juga? boleh! namun kamu perlu waktu senggang untuk mengecek setiap social media.

Ketiga, sebelum kamu membuat akun sebaiknya tentukan nama Online Shop dan juga logo Online Shop kamu! Nama Olshop bisa bermacam-macam, dan pastikan nama Olshop kamu tidak sama dengan yang lainnya. Bisa dari namamu sendiri, singkatan nama kamu dan pacarmu, nama orang tua, nama artis, nama kakak, nama adik, nama peliharaanmu atau mengarang nama seunik mungkin. Setelah itu, buat logonya. Kalo kamu ngga bisa buat logo, bisa pesan ke kakak saya, yang sudah PRO dalam hal Coreldraw! mention aja ke @wiwipriliwi (Tarifnya tergantung sulitnya pembuatan logo). Jangan lupa buat acc seperti Kakaotalk, Line, Wechat, dll dan bisa pake pin BB dan yang paling penting no HP buat customer yang mau order/ tanya-tanya. Account-account tersebut sebaiknya dicantumkan dilogo. Untuk Kakaotalk, line, wechat, kik atau lainnya yang hanya bisa dibuat di hp 'android' kamu bisa download app-nya dilaptop kamu. Lalu buat accnya pinjem HP temen yang android XD

Setelah nama, logo dan acc nya beres. Baru buat Online Shop! Kalo di Facebook, kamu bisa pakai 'Fanpage' cara buatnya? kamu kunjungi aja fanpage apa aja. Nah disamping kanan pasti ada tulisan 'buat page/ create page' nah kamu klik. Nanti dikasih panduan dari Facebooknya sendiri. Kalo ditwitter kamu buat acc baru. Diinstagram juga bisa buat acc baru.

Kelima, Tampilkan produk-produk kamu. Usahakan fotonya jelas dan menarik. Jangan lupa diberi keterangan harga, dan detail-detail lainnya sehingga customer tidak bimbang dan kamupun tidak repot-repot membalas setiap pertanyaan mereka. Jika customer mau memesan, respon segera sehingga mereka nyaman. Dan usahakan bersikap seramah-ramahnya pada customer. Dalam menentukan harga, saran saya ambil untung 30%. Walau murah, jika omsetnya banyak? Daripada mahal tapi sepi pembeli/ bahkan tidak ada yang mau beli. Plus kasih minimal pembelian. Dan adakan juga diskon jika customer membeli banyak barang.

Keenam, Pemasaran! Nah ini bagian yang paling sulit menurutku. Di fanpage facebook, disediakan alat untuk invite, cukup mudah. Di twitter, kalian bisa mention-mention orang terserah saja. Diinstagram, ada jasa promote, ada yang gratis dan bayar kalian bisa cari sendiri. Atau adakan saja 'Giveaway' berhadiah lumayan. Itu cara mudah pemasaran namun harus mengeluarkan biaya hadiahnya.

Ketujuh, Adakan 'Reseller/Dropship' .Tau apa itu reseller? reseller adalah menjual produk, namun produk tersebut didapat dari Olshop lain. Dropship? nah ini digunakan bagi yang tidak punya modal untuk berbisnis Olshop. Apa itu Dropship? kalian bisa mempromosikan produk, nah jika ada customer mau beli, kalian pesan ke Olshop aslinya dan minta untuk dikirim ke customer atas nama Olshop kalian. Tapi tidak semua Olshop mau dengan Dropship. Reseller/Dropship bisa kalian cantumkan di Olshop kalian sehingga peluang untuk ramai pembeli sangat besar.



SELAMAT MENCOBA DAN SELAMAT BERBISNIS^^
KUNCI KESUKSESAN ADA PADA KEGIATAN DAN KERAJINAN KALIAN!

*Berdasarkan pengalaman admin sendiri*
Bagi yang ingin berbisnis reseller/dropship yang terpercaya, kunjungi ini atau inii
Olshop itu sudah terbukti sendiri oleh saya, Terpercaya!
Terimakasih ... 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar